Ketua DPRD Sumut dan Bupati Karo Bahas Program Pembangunan di Karo

program pembangunan karo

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bertemu dengan Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting untuk membahas berbagai program pembangunan di Karo, agar daerah ‘Bumi Turang’ itu berkembang pesat untuk kemakmuran rakyatnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Bupati Karo, Rabu (18/3/2020) itu, Baskami Ginting dan Terkelin Brahmana membahas sejumlah program pembangunan untuk kawasan Dataran Tinggi Karo. Seperti rencana pembangunan Jembatan Layang ‘Kelok 11’ di dua titik jalur Medan – Berastagi yang rencananya dimulai pada 2020 ini.

Selain itu juga dibahas rencana pembangunan jalan sejajar jurusan Berastagi – Tuntungan – Medan dan Jalan Serdang – Rumah Liang – Kabupaten Deliserdang. Ini untuk mengatasi kemacetan di jalur utama Jalan Medan – Berastagi yang semakin parah. Juga dibahas program pengadaan penerangan lampu jalan nasional.

Selain itu, Baskami juga menyampaikan anggaran APBD Sumut Tahun  2021 sudah ‘clear’. Serta telah dialokasikan anggaran pemugaran Pesanggrahan Bung Karno di Lau Cimba Berastagi Karo.

“Lokasi yang dikenal dengan ‘pengasingan’ Bung Karno di zaman penjajahan itu, akan ditata dan didesain menjadi bangunan museum. Sekitar Rp10 miliar sudah kita sepakati bersama antara Pemprov Sumut dengan DPRD Sumut guna pemugaran Pesanggrahan Bung Karno itu,” ujar Baskami.

Jangan Panik Corona

Dalam pertemuan yang penuh keakraban itu, Baskami juga mengingatkan seluruh masyarakat agar jangan panik menghadapi situasi ancaman Virus Corona (Covid-19), yang saat ini menjadi pandemi.

“Kita harus waspada dan jaga kebersihan. Tapi jangan panik. Yang terpenting jangan percaya hoaks. Mari jaga kondusitifitas daerah kita dengan cara tidak menyebarluaskan isu Virus Corona yang kebenarannya belum akurat,” ujarnya.

Tokoh PDI Perjuangan ini juga mengigatkan, bagi anak sekolah yang tidak bersekolah (diliburkan) terkait virus corona, agar tetap belajar di rumah. Jangan pergi kemana mana. Tetap fokus belajar sebagai pengganti KBM (kegiatan belajar mengajar) di sekolah seperti biasa.

Sementara itu, Terkelin Brahmana mengapresiasi kedatangan Ketua DPRD Sumut ke Pemkab Karo untuk menyumbangkan pikiran dan tenaga. Sekaligus membangun silaturahmi dan berkomunikasi demi kemajuan Karo.

“Ini tentu bagian dari budaya  kearifan lokal yang dimiliki figur Baskami Ginting. Sebelum jadi Ketua DPRD Sumut, dia dikenal banyak kalangan, memiliki jiwa humanis, bersahabat. Dan terutama peduli akan membangun ‘Bumi Turang Karo Simalem’,” ujar Terkelin.

Menyikapi pembahasan yang disampaikan terkait program pembangunan yang sudah berjalan dan belum berjalan di Karo, Terkelin sangat berterimakasih sudah berbagi sharing informasi. Dan ini menjadi suport ke depan, agar apa yang belum terselesaikan bisa segera dilanjutkan di 2020 dan 2021.

“Mohon dukungan dan pengawalan dari Ketua DPRD Sumut. Sebab pengaruh ketua sangat kuat dalam hal lobi-lobi politik dan lobi anggaran. Semisal pengadaan lampu penerangan, dalam waktu segera kepala Bappeda akan mendata jalan propinsi yang mencakup Wilayah Karo, butuh pemasangan lampu jalan,” ujar  Bupati Karo.

Terkelin juga sangat mendukung penuh adanya pemugaran lokasi Pengasingan Bung Karo, Sang Proklamator RI pada tahun 2021. Sebab hal ini juga bagian dari membangun peradaban sejarah untuk dikenang masyarakat Indonesia dan khususnya masyarakat Karo.

Sementara itu, Kepala Bappeda Karo Ir Nasib Sianturi MSi berjanji segera mendata sejumlah lokasi yang berkaitan jalan provinsi, guna diusulkan pemasangan lampu jalan. Sebab ada beberapa titik sepanjang Jalan Kabanjahe – Berastagi membutuhkan lampu penerangan.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment